-->
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Friday, April 19, 2013

Sang Penemu IC

GEOFFREY WA DUMMER (1909-2002)
Geoffrey William Arnold Dummer, adalah seorang insinyur elektronik asal Inggris yang dinobatkan sebagai penemu konsep Integrated Circuit (IC) atau sirkuit terpadu yang hingga kini banyak diaplikasikan pada hampir semua barang elektronika di seluruh dunia.

IC mempakan komponen elektronik yang dibuat dari bahan semi konduktor, di mana IC merupakan gabungan dari beberapa komponen seperti resistor, kapasitor, dioda, dan transistor yang telah terintegrasi menjadi sebuah rangkaian yang berbentuk chip kecil.

Sebelum adanya IC, hampir seluruh peralatan elektronik dibuat dari satuan-satuan komponen yang dihubungkan satu sama lainnya menggunakan kawat atau kabel, sehingga mempunyai ukuran besar serta tidak praktis. Karena Geoffrey Dummer-lah pada akhirnya elektronika masa kini tidak lagi berukuran besar dan cenderung berukuran kecil.

Sang pembuat konsep IC tersebut lahir di Hull, Yorkshire, Inggris, pada tanggal 25 Februari 1909. Ayahnya bernama Arthur Robert William Dummer dan ibunya, Daisy Maria King. Geoffrey Dummer menikahi Dorothy Whitelegg tahun 1934, dan pernikahannya terdaftar di Bucklow. Putra tunggal mereka, Stephen John, lahir pada tahun 1945 di Bearsted, Kent.

Diceritakan di Wikipedia.org, Geoffrey Dummer menyelesaikan studinya di SMA Sale, lalu melanjutkan ke Manchester College of Technology. Pekerjaan pertamanya di perusahaan Mullard Radio Valve tahun 1931. Tugasnya meneliti cacat katup yang dikembalikan pelanggan untuk menentukan penyebab kegagalan, dan para teknisi diharapkan bisa memproses hingga 1,000 katup per hari.

Pada tahun 1935 ia pindah ke AC Cossor Ltd. yang menangani tabung sinar katoda, basis waktu dan sirkuit. Pada tahun 1938, Geoffrey Dummer pindah ke Salford Electrical Instruments dan bekerja di laboratorium frekuensi tinggi. Tahun berikutnya ia bergabung dengan Departemen Pertahanan sebagai Kepala Teknisi dengan gaji 275 pound sterling per tahun dan bekerja dengan tim di bawah RJ Dippy di Penelitian Kementerian Udara.

Pada tahun 1952 ia mempresentasikan karyanya pada Simposium Komponen Elektronika di Washington DC, Amerika, sekitar enam tahun sebelum Jack Kilby dari Texas Instruments dianugerahi paten untuk dasar ide yang sama. Geoffrey Dummer pun telah disebut "Nabi Sirkuit Terpadu".

Di kemudian hari ia berkata, "Tampaknya begitu logis bagi saya, bahwa kami telah bekerja pada komponen yang lebih kecil dan semakin kecil, meningkatkan kehandalan serta pengurangan ukuran. Saya pikir satu-satunya cara bisa mencapai tujuan kami adalah dalam bentuk blok yang solid. Ketika anda pergi dengan semua masalah kontak anda, dan anda memiliki rangkaian kecil dengan keandalan yang tinggi. Dan itulah sebabnya saya melanjutkan penelitian ini. Saya 'mengguncang' industri hingga ke 'tulang'. Saya mencoba untuk membuat mereka menyadari betapa pentingnya penemuan ini untuk masa depan mikro elektronika dan perekonomian nasional."
Integrated Circuit (IC). (Gambar dari: http://www.techcn.com.cn/)
Namun, Geoffrey Dummer saat itu tidak mampu mengubah ide sirkuit terpadunya untuk dipraktikkan secara nyata, karena keterbatasan wewenang dan tanggung jawabnya. Pada ajang The International Components Symposium yang digelar atas inisiasinya di Malvern September tahun 1957, ia menyajikan sebuah model untuk mengilustrasikan kemungkinan teknik solid sirkuit.

Model ini mewakili flip-flop dalam bentuk blok yang solid dari bahan semikonduktor dibentuk untuk membentuk empat transistor, Empat resistor diwakili oleh jembatan silikon, dan resistor serta kapasitor lainnya disimpan dalam bentuk film yang langsung terhubung ke blok silikon dengan intervensi isolasi film. Model ini dimaksudkan sebagai latihan desain, tetapi tidak terlalu berbeda dari sirkuit yang dipatenkan oleh Jack St Clair Kilby dua tahun kemudian.

Hanya setengah abad setelah penemuan Geoffrey Dummer, IC telah digunakan di mana-mana, seperti radio, televisi, komputer, telefon seluler, dan peralatan digital lainnya yang merupakan bagian penting dari masyarakat modern. Banyak pakar percaya bahwa revolusi digital yang dibawa oleh sirkuit terpadu merupakan salah satu kejadian penting dalam sejarah umat manusia.

Istrinya Dorothy meninggal dunia pada tahun 1992, dan ia menikah lagi dengan Juni yang membantunya bertahan. Sebagai hasil stroke pada tahun 1999, dia menghabiskan waktu dua setengah tahun di Perrins House, Malvern. Pada usia 93 tahun, dia meninggal dunia pada bulan September 2002 dan dimakamkan di Pemakaman Malvern. *** [EKA | DARI BERBAGAI SUMBER | WIKIPEDIA | FEBY SYARIFAH | PIKIRAN RAKYAT 11042013]
Note: This blog can be accessed via your smart phone.
Enhanced by Zemanta
Kindly Bookmark and Share it: