-->
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Friday, December 28, 2012

Acer Iconia PC tablet dengan Windows 8

ACER ICONIA W510 
Makin bertambah canggihnya piranti elektronika saat ini seiring dengan bertambah majunya teknologi selalu dibarengi dengan upaya untuk membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Tiada sekat ruang dan waktu, teknologi informasi membuat segalanya menjadi tidak berjarak dan lebih mengefisienkan pekerjaan. Simpel, praktis, menyenangkan, dengan performa komputasi mengagumkan. Mungkin itulah kata yang cocok untuk menggambarkan Tablet PC. Ditambah dengan dirilisnya OS terbaru Windows 8 dari Microsoft yang kian meramaikan industri Tablet PC, membuat celah pasar baru bagi para produsen PC untuk berinovasi dalam merancang hardware yang dapat memberi pengalaman menggunakan Windows 8  yang lebih optimal pada Tablet PC besutannya, tak terkecuali Acer.
Acer Iconia W510. (Gambar dari: http://www.acerid.com/)
Tidak seperti laptop tradisional dan Ultrabooks, perangkat ini terdiri dari dua bagian terpisah, bagian pertama adalah tablet 10,1" yang berisi semua perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan saat perangkat ini beroperasi. Dan bagian kedua adalah docking station yang menawarkan keyboard, touch pad, port USB tunggal, dan baterai terintegrasi. Hadir dengan bobot yang cukup ringan yaitu 580 gram ini membawa prosesor Intel Atom Z2760, memory 2GB DDR3, hardisk 32GB internal storage, dengan grafik Intel Graphics Media Accelerator 3650 yang kompatibel dengan seluruh aplikasi Windows.
Acer Iconia W510. (Gambar dari: http://www.acerid.com/)
Tablet Iconia W510 memiliki satu keuntungan yang sangat jelas yaitu dengan menggunakan prosesor terbaru dari Intel yaitu Atom Z2760 "Clovertrail" merupakan sumber kekuatan utama dari perangkat ini, yang akan membawa kita pada kinerja prosesor dual-cores dengan kecepatan 1,5 Ghz (4 thread), saat menjalankan aplikasi apa saja saat ini. Selain itu, Intel telah mendedikasikan beberapa transistor pada chip untuk tujuan pengurangan konsumsi daya saat bekerja dengan Windows 8. 

Salah satu bagian terbaik dari perangkat keras yang terpasang pada Acer Iconia W510 adalah layar IPS (In-Plane Switching). Meskipun memiliki resolusi native sebesar 1,366 x 768, namun tingkat kecerahan yang dihasilkan pada pengaturan tertinggi sangat baik. Ditambah kejelasan hasil foto dan film yang ternyata lebih baik daripada pada layar laptop standar. Perangkat ini memiliki sudut tampilan yang sangat lebar. Perangkat ini bahkan dapat digunakan menonton video dengan sudut kemiringan lebih dari 45 derajat dengan tetap terasa nyaman dan jelas Iconia PC tablet dengan Windows 8 ini tidak lain adalah Acer Iconia W510.

Bukan hanya itu dengan mengadopsi OS Windows 8 juga membuat Acer Iconia W510 semakin mudah dalam hal transfer file. Proses pemindahkan berbagai macam file via port Micro USB 2.0 yang tersedia ke External Hard Drive atau langsung ke dalam notebook yang lain. Kelebihan dari Acer Iconia W510 adalah, Pertama, Kita tidak perlu lagi membawa banyak gadget. Cukup membawa Acer Iconia W510 yang menyatukan fungsi tablet PC dan mini notebook dalam satu device. Kedua, Tidak perlu pusing memikirkan masalah kompatibilitas perangkat keras dan lunak. Acer Iconia W510 dengan OS Windows 8 dan User Interface atau UI barunya yang disebut Start Screen tiles tetap memungkinkan penggunanya untuk mengakses UI "klasik" yang bisa ditemukan di Windows 7. Selain itu, karena menggunakan Windows 8 untuk PC, Iconia W510 ini bisa menggunakan software yang umumnya dipakai di Windows 7. Dalam tampilan fisiknya, Tablet Acer Iconia W510 ini jika dipadukan dengan keyboard docking, akan menjelma menjadi sebuah mini notebook PC yang umum kita kenal.

Setidaknya ada tiga (3) format penggunaan yang bisa dimanfaatkan dengan Acer Iconia W510 ini:
  • Tablet mode: Tanpa menggunakan docking, Anda bisa menggunakannya sebagaimana layaknya sebuah tablet. Dengan ukuran layar 10.1" yang digunakannya membuat Iconia W510 tampil tidak terlampau besar dan serupa dengan ukuran tablet terbesar yang umum beredar di pasaran. Hal ini membuatnya mudah untuk dioperasikan.
  • Presentation mode: Saat menggunakan keyboard docking, Anda bisa mendorong layar hingga posisinya membalik 295 derajat dan meletakkannya di atas meja dengan tuts keyboard menghadap ke meja. Ini adalah posisi ideal saat ingin browsing berlama-lama di atas meja café langganan.
  • Productivity mode: Posisi normal saat menggunakan keyboard docking membuat Iconia W510 berpenampilan sebagaimana layaknya sebuah mini notebook. Anda bisa mengetik tulisan panjang dengan tuts keyboard-nya yang cukup besar dan nyaman. Bagi Anda yang terbiasa dengan penggunaan keyboard fisik, adanya tuts keyboard ini akan terasa menyenangkan.
Kelebihan lainnya adalah dalam urusan kamera. Kamera yang ada pada tablet ini memiliki keunggulan tersendiri. Kamera utama tablet ini memiliki resolusi 8 Megapixel (autofocus) dan kamera kedua (menghadap ke pengguna) dengan 2,1 Megapixel, Acer Iconia W510 menawarkan perpaduan kamera dengan spesifikasi tinggi untuk sebuah tablet. Kedua kamera ini bisa merekam video hingga resolusi FullHD (1080p). Video conference bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Skype ataupun software video chat/conference lainnya. Kamu cukup menancapkan sebuah headset, dan video conference pun dapat dilakukan dengan privasi ekstra. Tersedia socket untuk mikrofon (tergabung dengan headset) membuat Acer Iconia W510 menjadi perangkat yang berpotensi menjadi andalan para video blogger. Dimana kita bisa merekam video sambil menyodorkan mic ke narasumber (sebuah fitur yang jarang ditemui pada sebuah tablet).

Disamping itu pula Acer Iconia W510 dilengkapi pula fitur Always On, Always Connect yang akan membuat gadget yang satu ini tetap standby dan terhubung dengan koneksi internet seperti pada perangkat smartphone.
Jelas sekali dari paparan serta video di atas bahwa Iconia PC tablet dengan Windows 8 alias Acer Iconia W510 adalah tablet yang bisa memenuhi beragam kebutuhan. Ingin memakainya sebagai tablet untuk kebutuhan browsing biasa dan gaming yang menggoda? Bisa. Ingin menggunakannya sebagai alat untuk menyelesaikan pekerjaan kantor seperti laporan, presentasi, dan tabel perhitungan keuangan? Bisa. Ingin menjadikannya sarana multimedia untuk memutar beragam video berkualitas? Juga bisa. Kita bisa memperlakukan Iconia W510 sebagaimana layaknya sebuah tablet modern sekaligus juga sebagai laptop atau mini notebook (dengan keyboard docking). Melihat kelebihan ini dan hasil pengujian performanya, ada satu hal yang sudah jelas, Acer Iconia W510 ini adalah tablet multifungsi. *** [Tulisan ini disusun dalam rangka mengikuti SEOCONIA "Blog Review SEO Contest Iconia 2012-2013" yang diadakan oleh ACER Indonesia.]
Note: This blog can be accessed via your smart phone.
Enhanced by Zemanta
Kindly Bookmark and Share it: