Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Try with us

Join & Get Updates

Sunday, May 1, 2016

Penemu Mesin Fax

ALEXANDER BAIN (1811-1877)
Alexander Bain dilahirkan pada Oktober 1811, di Watten, Caithness, Skotlandia dan meninggal 2 Januari 1877 di Kirkintilloch dan dimakamkan di Pemakaman Old Aisle.

Teknologi dasar di balik fax telah ada sekitar 150 tahun yang lalu,  tepatnya ketika Alexander Bain menciptakan mesin faks pertama pada tahun 1843. Dia percaya bahwa simbol yang digunakan dalam kode Morse dapat diterapkan secara visual, bukan hanya dari pendengaran, dan oleh karena itu akan digunakan untuk mengirim jenis informasi lainnya. 
Desan mesin telegraf ciptaan Alexander Bain. (Gambar dari: http://adf.ly/1ZqQ2q)
Alexander Bain yang juga seorang pembuat jam, juga menggunakan pengetahuannya untuk mendesain dan membuat konsep dasar dari mesin fax modern. Gagasan untuk menggunakan sinyal-sinyal listrik yang dihasilkan oleh operator telegraf adalah langkah besar dalam telekomunikasi.

Dalam perangkat fax pertama desain Alexander Bain, sinyal-sinyal akan melewati jenis kertas yang direndam dalam suatu kimia. Sinyal tersebut kemudian akan menyebabkan bahan kimia tersebut menguap, meninggalkan tanda panjang atau pendek dalam kode Morse. Tanda ini memungkinkan untuk pengiriman informasi lebih cepat dan memungkinkan dia untuk membuat rekaman dengan menekan lubang yang memungkinkan untuk mentransmisikan sinyal secara otomatis. Perangkat ini dikenal meskipun hampir tidak cukup luas, sebagai telegraf "kimia." yang merupakan cikal bakal dari mesin fax sederhana pertama di dunia.
Plakat peringatan tentang penemuan Alexander Bain. (Gambar dari: http://adf.ly/1ZqQ2q)
Telegraf sinyal adalah mesin faks pertama yang sukses mengirim pesan dengan mengatur transmisi arus listrik. Karena mesin faks, pengiriman pesan teks atau dokumen jauh lebih cepat itu dan penemuan tersebut merupakan salah satu tonggak terbesar dalam sejarah teknologi komunikasi. Teknologi dari mesin fax dibangun di atas teknologi telegraf temuan Alexander Bain.

Konsep dasar dari mesin faks adalah untuk mengirim faksimili atau salinan teks yang merupakan Konsep asli yang dikemukakan oleh Alexander Bain. Idenya adalah bahwa kita bisa memindai gambar, gambar atau teks, dan gambar scan bisa ditafsirkan sebagai sinyal pada kotak yang diaktifkan on atau off. Artinya, informasi tersebut akan muncul ke penerima mekanik di mesin fax penerima, yang kemudian akan mencetak gambar.

Mesin Fax mulai menjadi sangat populer pada tahun 1983 ketika Komite Konsultasi Internasional Telephonique et Telegraphique (atau CCITT Grup 3) menetapkan protokol standar untuk fax. The CCITT adalah sebuah organisasi yang menetapkan standar komunikasi internasional, dan fax tentu menjadi standar dari waktu ke waktu. Mesin Fax dengan cepat menjadi biasa dalam dunia bisnis. Mesin fax banyak digunakan untuk mengirimkan dokumen-dokumen hukum dan juga dokumen bisnis. Meskipun telah berkurang akibat penggunaan email dan teknologi lainnya, banyak bisnis tergantung pada teknologi fax ke hari ini.

Tahun 1990-an, mesin faks memiliki ukuran yang besar dan sulit untuk dioperasikan. Lama kelamaan mesin fax muncul dengan tampilan yang lebih user-friendly dan banyak digunakan. Teknologi faks sekarang bagian dari teknologi "all in one" dalam satu printer, dengan kemampuan untuk fax, scan, mencetak dan menyalin, semua dengan biaya yang murah.

Meskipun mesin fax telah ada sekitar selama bertahun-tahun dan digunakan secara luas, tampaknya fax melalui Internet lebih cepat dan menjadi sarana yang sangat populer untuk transmisi informasi. Fakta bahwa internet mampu mengirimkan informasi pada kecepatan tinggi membuatnya lebih nyaman dan lebih mudah bagi orang untuk memanfaatkannya. Meskipun semakin banyak orang berpaling ke fax internet, mesin fax masih dianggap sebagai bagian yang sangat penting dari teknologi. *** [EKA | DARI BERBAGAI SUMBER | ]
Note: This blog can be accessed via your smart phone
Kindly Bookmark and Share it: