Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Try with us

Join & Get Updates

Friday, August 14, 2015

Penemu Mesin Jet

SIR FRANK WHITTLE (1907-1996)
Kita semuanya tahu yang namanya mesin jet? Ya, Mesin Jet sendiri adalah sebuah mesin yang biasa digunakan untuk pesawat terbang untuk keperluan militer ataupun komersil. Mesin Jet ini membuat sebuah kendaraan dapat bergerak dengan sangat cepat. Karena sangat cepatnya maka kebanyakan mesin jet lebih banyak dipakai pada pesawat terbang.

Sir Frank Whittle adalah orang yang menemukan mesin jet pada tahun 1937, dia adalah seorang opsir pada Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force). Sir Frank Whittle lahir pada tanggal 1 Juni 1907 di Coventry, Inggris. Lalu di tahun yang sama, mesin jet sudah diciptakan tersebut bahkan sudah diuji coba di sebuah pabrik di Jerman yang bernama Heinkel pada bulan Maret tahun 1937. Mesin jet ciptaan Sir Frank Whittle kemudian dikembangkan oleh seorang Jerman dan juga sekaligus merupakan desainer dari mesin jet pertama yang bernama Dr. Hans von Ohain.
Ini adalah Mesin jet pertama buatan Inggris yang dikembangkan oleh Sir Frank Whittle, mesin ini digunakan pada model awal pesawat Gloster Meteor. (Gambar dari: http://bit.ly/1Togq3e)
Kemudian pada tahun 1940, Sir Frank Whittle mengajukan sebuah permohonan paten secara luas. Lalu Sir Frank Whittle mendapatkan perhatian dan juga dorongan dari Kementrian Udara dan juga dari industri. Lalu setelah Sir Frank Whittle mendapatkan dukungan dari sebuah bank untuk melakukan sebuah investasi usaha, di tahun 1963 Powers Jets di bangun dan Sir Frank Whittle diberi tugas oleh perusahaan untuk tugas militer khusus untuk menyusun desain dan juga pengembangan mesin jet miliknya (Sir Frank Whittle).
Gloster E.28/39 adalah pesawat Inggris pertama yang terbang dengan mesin turbojet. (Gambar dari: http://bit.ly/1h1Hgxc)
Pada tahun selanjutnya, karena eksperimen pertama memiliki banyak sekali masalah, maka diperlukan untuk rekonstruksi ulang untuk beberapa kali. Pada tahun 1939, akhirnya penemuan atau eksperimen Sir Frank Whittle tersebut diterima dengan baik oleh Kementrian Udara karena Sir Frank Whittle telah memperbaiki mesin tersebut sehingga mesin yang dihasilkan dengan 10 (Sepuluh) ruang pembakaran dilakukan dengan cukup baik. Kini mesin jet temuan Frank Whittle sudah banyak dipakai oleh pesawat-pesawat baik itu pesawat komersil ataupun pesawat tempur. 

Sir Frank Whittle meninggal karena penyakit kanker paru-paru pada tanggal 9 Agustus 1996 di rumahnya di Columbia, Maryland. Dia dikremasi di Amerika dan sebagian abunya diterbangkan ke Inggris dimana sebagian lagi ditempatkan di tugu peringatan di sebuah gereja di Cranwell. Sir Frank Whittle, sang Penemu Mesin Jet kini dianggap sebagai salah satu tokoh paling berjasa dalam dunia penerbangan atau kedirgantraan berkat mesin temuannya. *** [EKA | DARI BERBAGAI SUMBER | WIKIPEDIA]
Note: This blog can be accessed via your smart phone.
Kindly Bookmark and Share it: