Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Try with us

Join & Get Updates

Friday, October 31, 2014

Penemu kemasan makanan berbentuk 'tetrahedron'

ERIK WALLENBERG (1915–1999)
Karl Erik Sven Wallenberg atau Erik Wallenberg adalah seorang peneliti berkebangsaan Swedia yang lahir pada 25 Desember 1915 di kota Sala, Swedia dari pasangan Sven Edvard Wallenberg dan Maria Karolina.

Pada awalnya Wallenberg merencanakan untuk bergabung dengan Angkatan Darat sebagai seorang perwira, tapi saat pelatihan militer ia jatuh sakit sehingga harus meninggalkan rencananya. Kemudian ia mendaftar sekolah kedokteran di Karolinska Institutet di Stockholm dan diterima. Tak berapa lama setelah bersekolah di sana, ia memutuskan pindah ke kota Lund dan mencoba lagi untuk masuk sekolah kedokteran di Lund University pada tahun 1943.

Sambil menunggu diterima di Universitas Lund, Wallenberg mendapat pekerjaan sebagai asisten laboratorium di Åkerlund & Rausing, sebuah perusahaan manufaktur kemasan makanan lokal. Saat itu tim laboratorium penelitiannya mendapat perintah dari pemilik perusahaan Ruben Rausing untuk membuat kemasan susu yang layak serta berharga murah sehingga dapat bersaing dengan kemasan botol susu kaca yang digunakan pada sistem distribusi susu saat itu.

Erik Wallenberg, penemu kemasan 
makanan tetrahedron. (Gambar dari:  
http://bit.ly/1DtwGD5)
Kepala laboratorium sebelumnya beserta tim telah mencoba dengan beberapa solusi yang berbeda namun gagal. Pada tahun 1944, ia diangkat menjadi kepala laboratorium penelitian pada usia 28 tahun. Wallenberg mendapat ide untuk menggunakan satu lembar kertas digulung menjadi silinder dan dilipat dari dua sisi yang berbeda hingga tercipta bentuk matematis 'tetrahedron'. Volume diciptakan hanya perlu disegel di tiga tempat dan paket dapat diproduksi dalam satu urutan berikutnya dari satu gulungan kertas, sehingga menggunakan minimal bahan, dengan minimal limbah.

Pada awalnya ada keragu-raguan, dan pada akhirnya Ruben Rausing menjadi yakin bahwa penemuan ini adalah ide yang baik dan memerintahkan proyek ini untuk terus dikembangkan. Pada bulan Maret 1944 ia mengajukan paten, dan pada tahun 1951 Tetra Pak diciptakan sebagai anak perusahaan dari Åkerlund & Rausing. 
Tetra Pak awalnya memproduksi kemasan makananan dari karton kardus berbentuk 'tetrahedron' untuk berbagai produk makanan, namun seiring dengan perkembangan waktu bentuk kemasan semakin bervariasi. (Gambar dari: http://bit.ly/1rYgynx)
Sistem kemasan berbentuk tetrahedron membuat Tetra Pak menjadi salah satu perusahaan yang paling sukses di dunia. Sistem kemasan makanan ini masih dijual dan dipergunakan hingga saat ini dengan nama Tetra Classic Aseptic dan memiliki bentuk yang bervariasi.

Meskipun begitu banyak penghormatan dan pujian yang dikemukakan untuk sistem kemasan berbentuk tetrahedron ini, namun Wallenberg tidak mendapatkan pengakuan atas penemuannya ini sampai tahun 1991, saat ia dianugerahi 'Grand Gold Medal' oleh Royal Swedish Academy of Engineering Sciences untuk "gagasan dan usahanya dalam pengembangan sistem kemasan Tetra Pak". Erik Wallenberg meninggal dunia di kota Lund pada 18 Oktober 1999. *** [EKA | FROM VARIOUS SOURCES | WIKIPEDIA]
Note: This blog can be accessed via your smart phone.
Kindly Bookmark and Share it: