Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Try with us

Join & Get Updates

Sunday, April 3, 2016

Penemu Rotasi Medan Magnet

NICOLAS TESLA (1856-1943)
Nikola Tesla berkontribusi pada pengembangan sistem listrik arus bolak-balik yang banyak digunakan saat ini dan menemukan rotasi medan magnet (dasar dari sebagian besar mesin listrik bolak balik). Ia terlahir dari etnis Serbia di desa Smijan, Kroasia, pada 28 Juni 1856.

pada tahun 1870-an, Nikola sudah menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Teknologi Graz, Austria. Disana ia mempelajari penggunaan arus listrik bolak-balik (AC) dan lebih tertarik untuk membuat motor listrik arus searah (DC) menjadi lebih efisien. Pada tahun 1882, Nikola telah berhasil membuat sebuah konsep yang menarik, yaitu konsep motor induksi.
Motor Induksi arus bolak-balik (AC) buatan Nicola Tesla. (Gambar dari: http://adf.ly/1YuNgz)
Pada tahun 1882, Nikola pergi ke Paris dan bekerja di Contionental Edison Company, sebagai engineer yang memiliki tugas untuk membuat desain peralatan electrik yang dapat melintasi benua yang berasal dari ide Edison. Di sana ia mulai mengerti tentang motor induksi dan telah mulai melakukan pengembangan beberapa variasi dengan menggunakan sistim putaran bidang magnetic, dan mendaftarkannya pada lembaga paten, pada tahun 1888 ia mendapatkan hak patennya.

Pada tahun 1894, ia bekerja di Edison Machine Work, disana ia menyelesaikan segala masalah yang berhubungan dengan kelistrikan. Di perusahaan tersebut, Nikola sempat merancang 24 jenis dinamo dan pada tahun 1895, Nikola berhasil mengirim sinyal radio hingga jarak 50 mil. Karena gaji yang tidak memuaskan, maka Nikola keluar dari perusahaan Edison tersebut.

Pada tahun 1886, Nikola mendirikan perusahaan sendiri yang di beri nama Tesla Electric Light and Manufacturing, selama setahun ia telah mematenkan tiga penemuannya. Para investor tidak menyetujui usulnya untuk meneruskan projek Alternating Current Motor, karena ia terus melanjutkan projek tersebut maka ia di keluarkan dari perusahaan tersebut. Pada tahun 1888, Nikola berhasil mendemonstasikan kerja motor induksi arus bolak-balik di depan American Institute of Electrical Engineers dan menandatangani kontrak perjanjian.

Di tahun yang sama, ia juga telah mengembangkan salah satu hasil penemuannya yang di beri nama Prinsip Tesla Coil. Ia bekerja sama dengan George Westinghouse, pemilik Westinghouse Electric and Manufacturing Company. Nikola memperkenalkan motor dan sistem listrik disebuah makalah "New System of Alternating Current Motors and Transformer". 

George sangat tertarik dengan penemuan Nikola tersebut. Saat George mengunjungi laboratorium Nikola, ia sangat kagum dengan apa yang dilihatnya. Nikola membangun sistem model polyphase yang terdiri atas arus bolak-balik, dengan langkah up-dinamo serta step down transformator dan motor AC. George dan Nikola bekerjasama untuk mengelola listrik nasional di Amerika.

Pada tahun 1882, Nikola telah menemukan rotasi medan magnet, ia mengadaptasi prinsip rotasi medan magnet untuk membangun motor induksi arus bolak-balik dan sistem polyphase untuk transmisi distribusi generasi serta penggunaan daya listrik. Sistem motor induksi AC dari Nicola Tesla banyak digunakan di bidang industri. Nikola Tesla meninggal dunia pada 7 Januari 1943 di New York. Nikola di kremasi di Ardsley, Hudson, New York. *** [EKA | DARI BERBAGAI SUMBER | BIO]
Note: This blog can be accessed via your smart phone
Kindly Bookmark and Share it: