-->
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Wednesday, December 2, 2015

Penemu Televisi

JOHN LOGIE BAIRD (1888 - 1946)
Televisi merupakan salah satu kebutuhan penting bagi umat manusia sekarang ini. Televisi menjadi media untuk menyalurkan informasi ke masyarakat. Dan tahukah Anda siapa penemu televisi? Penemu Televisi adalah John Logie Baird.

John Logie Baird lahir tanggal 13 Agustus 1888 di Helensburgh, Skotlandia, ia menerima pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow. Karena mengalami kondisi kesehatan yang buruk, dia tidak dapat ikut dalam Perang Dunia I dan akhirnya ia memilih menjadi seorang insinyur listrik.

Ia lebih berkonsentrasi pada bidang elektronik, terutama setelah gelombang demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi dapat digunakan untuk membawa sinyal audio. Baird yakin bahwa melalui proses yang sama dapat mengirimkan sinyal visual, dan ia mulai bekerja dan melakukannya pada sebuah desain.

Desain televisi pertama yang dibuat oleh Baird adalah sebuah perangkat yang disebut Nipkow disk, yaitu disk scanning yang diciptakan pada tahun 1884 oleh Paul Nipkow, seorang ilmuwan Jerman. Pada dasarnya, perangkat ini terdiri dari disk karton dengan serangkaian lubang persegi, terletak dalam posisi spiral. Ketika digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, Nipkow disk mampu memindai area terang dan gelap dan mengkonversi informasi yang menjadi sinyal listrik. Dengan menggunakan seconddisk, dan disinkronkan dengan yang pertama, Nipkow mampu menterjemahkan bahwa signal ke gambar visual primitif.
John Logie Baird berdiri di samping pemancar televisinya sekitar tahun 1925-1926. Terlihat pada bagian kiri Baird (dalam kotak tersebut) "Stookie Bill," sebuah boneka ventriloquist yang dipindai oleh Nipkow disk untuk menghasilkan sinyal gambar. (Gambar dari: http://bit.ly/1Th4WuQ)
Baird mengambil ide Nipkow dan maju satu langkah lebih jauh, dengan mengembangkan sistem dimana sinyal dapat dikirim melalui gelombang elektromagnetik, bukan kabel. Sementara masih dalam tahap perkembangan awal dari penemuannya, Baird menemukan sedikit dukungan keuangan karena sebagian besar investor menganggap ide Baird sebagai hal yang kurang menguntungkan.
John Logie Baird pada percobaan 'High Definition Colour Television System' sekitar tahun 1940-an. (Gambar dari: http://bit.ly/1Xk3Io9)
Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Selama waktu ini Baird bekerja sebagai penjual sepatu dan salesman silet, dan mendapatkan uang hanya cukup untuk membayar makan, tempat tinggal, dan membeli beberapa perlengkapan mekanik. Sehingga banyak dari prototipe penemuannya dibuat menjadi barang-barang keperluan rumah tangga seperti kue kaleng, jarum rajut, lampu sepeda, dan lain-lain.

Pada tahun 1923, ia mulai berusaha kembali mengotak-atik mesin penemuannya untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat gelombang radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter. 

Baird menjadi terkenal hampir dalam semalam, dan segera banyak investor memberinya cukup uang untuk mengejar tujuan yang lebih ambisius. Pada 1927 ia berhasil mengirim sinyal televisi dari London ke Glasgow dan pada 1928 dari London ke New York. Saat itulah John Logie Baird tercatat sebagai Penemu Televisi Pertama.

Segera, setelah itu penemuan Baird tersebut digantikan oleh desain televisi tabung sinar katoda dari Vladimir Zworykin. Namun, Baird terus berusaha untuk membuat desain televisi yang lebih baik. Dia membantu mengembangkan sistem televisi berwarna definisi tinggi (High Definition Colour Television System) serta layar proyeksi televisi besar yang ia bayangkan pada akhirnya televisi dapat dilihat publik seperti  layar film. John Logie Baird meninggal di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun. *** [EKA | DARI BERBAGAI SUMBER | BAIRD TELEVISION]
Note: This blog can be accessed via your smart phone
Kindly Bookmark and Share it: