Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Try with us

Join & Get Updates

Tuesday, October 6, 2015

Penemu Internet

LEONARD KLEINROCK (1934 - ....)
Internet saat ini telah menjadi salah satu fitur yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia urban. Dengan adanya internet, akses informasi menjadi begitu cepat bahkan seolah tak berbatas dan berjarak lagi.

Dampak positif internet ini ikut merubah pola interaksi di dalam masyarakat. Tak terbilang berapa dampak positif atas keberadaan internet ini. Meski harus diakui terdapat segelintir dampak negatif juga. Tapi apapun itu, internet telah lebur di dalam kehidupan masyarakat dan menambah kualitas yang tak ternilai.

Tahukah Anda siapa penemu internet? Hampir semua orang memakai jaringan internet dalam mempermudah kehidupan mereka namun tak semua orang mengenal siapa tokoh yang berjasa menemukan internet tersebut. Boleh jadi Anda salah satunya.

Leonard Kleinrock, adalah tokoh atau ilmuwan yang dijuluki sebagai Bapak Internet. Julukan ini melekat pada dirinya sebab ia memang tokoh penemu internet. Leonard Kleinrock lahir di Amerika Serikat tepatnya di New York pada tanggal 13 Juni 1934. Ia seorang insinyur sekaligus seorang ilmuwan dengan gelar professor komputer di UCLA, sebuah sekolah teknik juga sains yang cukup bergengsi.

Kejeniusan Leonard Kleinrock dimulai sejak ia menempuh pendidikan. Ia memang dikenal sebagai salah satu pelajar yang menonjol. Ia menyelesaikan sekolah menangah atasnya di Bronx High School of Science dan kemudian melanjutkannya ke City College of New York pada jurusan ilmu komputer. Selanjutnya, di tahun 1959 ia telah berhasil meraih gelar master. Dan, pada tahun 1963, gelar Ph.D sudah melekat di belakang namanya. Setelah menyelesaikan semua jenjang pendidikan, karirnya kemudian dimulai dengan bergabung sebagai pengajar di UCLA atau Universitas California Los Angeles.

Pada 2 September 1969, Leonard Kleinrock merangkai kabel 15 ft antara dua komputer, berharap itu akan membantu mereka berkomunikasi. Hal ini adalah yang dilakukan oleh Leonard Kleinrock dan sekelompok perguruan tinggi saat diberi tugas oleh pemerintah Amerika Serikat untuk membangun sistem komunikasi komputer, yang disebut dengan "ARPANET".
Prosesor pesan pertama ARPANET. (Gambar dari: http://huff.to/1VrpLZe)
Sistem mereka akan membentuk dasar dari Internet modern, tetapi topik ketika muncul menjadi tajam diperdebatkan. Sebagian mengatakan itu dimulai ketika para profesor menghubungkan kabel tersebut. Beberapa, termasuk UCLA, menyanggahnya dengan menyebutkan bahwa internet lahir hampir dua bulan kemudian, yaitu pada 29 Oktober 1969, ketika jaringan akhirnya diteruskan pesan pertama. (Pesan itu seharusnya menjadi kalimat tunggal, "login," namun para peneliti hanya berhasil mengetik dua huruf pertama sebelum komputer rusak.)

Atas penemuan internet ini, ia dijuluki sebebai ilmuwan besar abad ini. Penemuan internet ini sebenarnya didasarkan atas ketidaksengajaan Leonard Kleinrock dalam memecah beberapa kode digital dan kemudian menjadikannya paket terpisah satu sama lainnya.

Di tahun 1988, Leonard Kleinrock ditunjuk sebagai ketua dari Kelompok Jaringan Nasional yang ditujukan untuk Kongres Amerika Serikat. Dalam menjalankan tugasnya, mereka menyusun laporan penelitian yang sangat berpengaruh dan diaplikasikan dalam pengembangan Computing High Performance dan memiliki implikasi pada perkembangan dunia internet yang Anda dan semua orang gunakan saat ini.

Leonard Kleinrock adalah penemu internet dan merintisnya dari hal sederhana sehingga menjadi sesuatu yang kompleks dan multifungsi seperti saat ini. Dunia jauh lebih mudah dengan keberadaan internet, karena itu tak ada salahnya berterimakasih pada tokoh jenius bernama Leonard Kleinrock, bukan? *** [EKA | DARI BERBAGAI SUMBER | HUFFPOST TECH]
Note: This blog can be accessed via your smart phone.
Kindly Bookmark and Share it: